Pilih Rumah Murah Sendiri atau Rumah Subsidi Pemerintah?

Kebutuhan untuk memiliki rumah belakangan ini meningkat menjadi kebutuhan primer. Tidak hanya untuk keluarga yang sudah memiliki beberapa anak, bahkan keluarga muda pun mulai mengincar untuk memiliki hunian sendiri. Mereka semua berburu untuk mendapatkan rumah berharga murah namun tetap layak huni. Beberapa pilihan jatuh pada rumah-rumah di daerah perkampungan yang harganya masih relatif murah, namun di sisi lain banyak juga yang menggunakan fasilitas rumah murah dari pemerintah.

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang menggalakkan program rumah subsidi 2019 untuk membantu keluarga dengan perekonomian menengah ke bawah agar memiliki rumah tinggal sendiri. Nah, bagi Anda yang berniat membeli rumah murah, memilih rumah murah sendiri atau rumah subsidi pemerintah? Berikut ini perbandingannya.


Perbandingan Rumah Murah Pilihan Sendiri Atau Rumah Murah Subsidi Pemerintah

Membeli sebuah rumah memang sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Jangan memaksakan membeli rumah berharga terlalu mahal hingga akhirnya akan membebani diri sendiri. Jika Anda memiliki dana yang terbatas untuk mewujudkan keinginan membeli rumah, berikut ini adalah beberapa referensi mengenai kelebihan dan kekurangan memilih rumah murah sendiri atau rumah murah subsidi pemerintah.

Rumah Murah Pilihan Sendiri

- Umumnya berlokasi di perkampungan padat penduduk

Mendapatkan rumah murah pilihan sendiri memang tidak mudah. Tidak selalu datang kesempatan ada orang yang mau menjual rumahnya secara murah. Biasanya proses mendapatkan rumah murah sendiri membutuhkan waktu yang agak lama. Anda bisa mencari dari teman ke teman, tetangga ke tetangga atau bahkan hunting sendiri ke lokasi-lokasi perkampungan. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan rumah baik dan bagus dengan harga yang cukup murah.

- Rumah dengan bangunan lama

Tentu saja, rumah bekas yang Anda dapatkan dengan harga murah adalah rumah dengan bangunan yang sudah lama. Anda mungkin akan membutuhkan renovasi di sana sini. Tidak jarang juga, rumah yang dijual murah kondisinya sudah sangat buruk sehingga harus direnovasi sepenuhnya. Namun tidak menutup kemungkinan jika Anda menemukan sebuah rumah yang kondisinya masih sangat baik dan tidak memerlukan renovasi apapun. Semua itu tergantung dari kejelian Anda memilih rumah murah.

- Jika ingin KPR, pokok hutang pembiayaannya terbatas

Untuk pengajuan KPR rumah bekas, proses kelengkapan dokumen yang harus diserahkan sangat banyak dan juga terbilang agak ribet. Di samping itu, lembaga keuangan tidak akan membiayai harga keseluruhan harga rumah tersebut yang artinya Anda membutuhkan uang muka lebih banyak untuk bisa melunasi rumah tersebut.

Rumah Murah Subsidi Pemerintah

- Lokasi perumahan

Lokasi untuk rumah yang disubsidi pemerintah adalah biasanya sudah ditentukan. Umumnya, lokasi perumahan bersubsidi adalah di daerah pinggiran kota atau di daerah pedesaan. Namun untuk mencapai lokasi perumahan ini sudah dipersiapkan akses jalan yang bisa Anda tempuh dengan mudah.

- Rumah dengan bangunan baru

Rumah bersubsidi adalah sepenuhnya rumah yang baru dibangun. Sejak dari pondasi hingga atap rumah semuanya adalah barang baru. Anda tidak perlu khawatir akan membutuhkan renovasi atau perbaikan. Hanya saja, rumah bersubsidi memiliki keterbatasan yaitu ukuran dan spesifikasi rumah yang standar. Biasanya hanya terdiri dari satu ruang tamu, dua kamar tidur, dapur dan satu kamar mandi. Jika membutuhkan ruangan lain, Anda mau tidak mau harus membangunnya sendiri.

- Pokok hutang untuk KPR lebih besar

Untuk rumah besubsidi, proses pengajuan KPR lebih mudah dan pokok hutang yang bisa ditanggung juga lebih tinggi dari rumah bekas yang Anda pilih sendiri.

Memilih rumah tidak boleh dilakukan sembarangan apalagi jika rumah tersebut adalah tempat yang akan Anda tinggali bersama keluarga. Pikirkan beberapa faktor diatas sebelum Anda memutuskan membeli. Meskipun dengan harga yang sama murah, tidak selalu rumah subsidi lebih baik dari rumah bekas. Mungkin saja jika Anda beruntung bisa mendapatkan rumah bekas yang masih layak huni dengan harga yang cukup murah.