Tips Menghilangkan Noda Membandel Pada Lantai Kamar Mandi

Kamar mandi adalah tempat untuk membersihkan diri dari segala kotoran dan kuman yang menempel pada tubuh. Banyak aktifitas bersih-bersih yang dilakukan di kamar mandi seperti mandi, cuci baju atau bahkan cuci tangan. Munculnya noda yang membandel di kamar mandi pasti akan membuat Anda dan keluarga menjadi sedikit risih dan merasa tidak nyaman.


Akhirnya, beberapa anggota keluarga bahkan merasa jijik dan enggan untuk pergi ke kamar mandi. Agar kamar mandi menjadi tempat yang cukup nyaman, Anda harus selalu menjaganya dalam keadaan bersih. Namun bagaimanakah cara untuk menghilangkan noda-noda yang sudah terlanjur membandel di kamar mandi tersebut? Simak tips berikut ini.

Tips Dan Cara Menghilangkan Berbagai Noda Membandel Di Kamar Mandi

Ada tiga jenis noda membandel yang biasanya muncul di kamar mandi yaitu karat, kerak dan lumut. Ketiga noda ini sangat susah untuk dibersihkan terlebih lagi jika noda tersebut sudah ada sejak lama. Untuk membersihkan noda tersebut, ikutilah cara-cara berikut ini, yaitu :

1. Lemon untuk Membasmi Karat

Meskipun karat banyak muncul di daerah yang mengandung besi seperti besi keran pancuran, tidak jarang juga Anda menemui karat yang muncul di lantai kamar mandi. Untuk membasminya, Anda bisa menggunakan jeruk lemon. Jeruk lemon mengandung asam yang sangat tinggi yang akan mampu mengangkat noda kerak di lantai ataupun bagian lain.

Caranya adalah dengan mengiris jeruk lemon menjadi beberapa bagian. Gosokkan perlahan pada bagian lantai yang berkarat. Jika dalam sekali pembersihan belum terlihat hasilnya, maka lakukan lagi beberapa kali. Bisa jadi, karat yang ada di lantai tersebut sudah ada dalam waktu yang cukup lama.

2. Asam Cuka untuk Membasmi Kerak

Kerak muncul karena sisa kotoran yang tidak segera dibersihkan seperti busa sabun, bekas detergen, dan lain sebagainya. Jamur dan lumut pun jika dibiarkan begitu saja akan menjadi noda kerak yang membandel. Jika kerak sudah menumpuk dan membuat pemandangan lantai kamar mandi menjadi tidak enak dipandang, segera basmi dengan cairan cuka asam.

Cuka asam juga mengandung zat asam yang cukup tinggi. Cara menggunakannya adalah dengan cara membuat larutan cuka asam yang dicampur dengan air. Anda bisa menggunakan perbandingan 50:50. Tambahkan larutan detergen kemudian siramkan pada seluruh lantai kamar mandi. Anda bisa menggosoknya secara perlahan lalu siram hingga bersih. Agak tidak muncul lagi kerak di kemudian hari, Anda harus rajin membersihkan kotoran yang ada di lantai kamar mandi.

3. Garam untuk Membasmi Lumut

Lumut bisa saja tumbuh di lantai kamar mandi, mengingat kamar mandi adalah daerah yang lembab dan jarang terkena sinar matahari. Lumut dapat menyebabkan lantai kamar mandi menjadi licin dan hal ini tentu saja akan membahayakan bagi setiap anggota keluarga.

Untuk menghilangkan lumut, Anda bisa menggunakan keampuhan garam. Garam akan mengangkat lumut secara langsung dan mencegahnya kembali dalam waktu yang cukup lama. Caranya adalah dengan mendidihkan garam dalam air. Air panas yang mengandung garam ini bisa langsung Anda siramkan pada lantai kamar mandi. Lalu sikat bagian lantai yang berlumut dan siram hingga bersih. Jika sudah bersih, ulangi sekali lagi menyiram dengan air garam panas untuk mencegah tumbuhnya lumut kembali.

Menjaga kebersihan lantai kamar mandi dari noda membandel adalah hal yang penting untuk dilakukan. Di samping itu, lantai kamar mandi yang bersih akan membuat orang yang menggunakannya menjadi nyaman dan tidak merasa risih.